Antara Beras, Beas Dan Rice. Sulit BASA SUNDA DILAWAN..!! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI ALHAFIZ HUT RI 2023 VNNCOID

Antara Beras, Beas Dan Rice. Sulit BASA SUNDA DILAWAN..!!

, 10/16/2017 08:00:00 PM

Ada bule Australia datang ke pesantren, dan bertanya kepada Kyai..


Bule : "Kenapa kyai kalau ngajar, kitabnya masih pakai bahasa sunda? Di zaman globalisasi ini kenapa tidak dengan bahasa inggris?"

Kyai : "Karena kalau dalam bahasa inggris, tidak mampu menafsirkan semua kosakata dalam AlQur’an maupun hadits, Bahasa Sunda itu bahasa yang sangat kaya dan sangat kompleks. Sedangkan Bahasa Inggris itu simple"

Rupanya si bule tersinggung mendengar penjelasan sang kyai.

Bule : "Bagaimana anda bisa mengatakan bahasa sunda itu bahasa yang sangat kaya dan sangat kompleks, serta bisa menjadi bahasa pengetahuan? Padahal faktanya selama ini, bahasa Inggris lah yang paling kompleks!"

Kyai : "Tidak! Bahasa inggris itu memang sangat sederhana. Coba anda lihat! itu yang berwarna kuning keemasan di sawah. Orang inggris menyebutnya apa?"

Bule : "Rice!"

Kyai : "Orang disini. menyebutnya PARE (padi). Padi itu kalau dipanen namanya GABAH, sedangkan inggris menyebutnya RICE. GABAH kalau sudah terkelupas kulitnya, disebut BEAS, orang inggris tetap menyebut RICE. BEAS kalau patah/bubuk, namanya BEUNYEUR, orang inggris tetap menyebutnya RICE. BEAS kalau sudah dimasak namanya SANGU alias KEJO (NASI), orang inggris masih saja menyebutnya RICE. NASI kalau cuma 1 butir, namaya REMEH, lagi-lagi orang inggris. menyebutnya RICE. Kalau dimasak di Kastrol namanya LIWET, Kalau dimasak lebih lama, bagian bawahnya dinamakan KERAK, inggris masih menyebut RICE. Kalau dimasak pake bumbu santan+kunir dll, namanya WUDUK, klo dibungkus daun pisang, daun bambu, janur dll, bisa jadi BURAS, LEUPEUT, BACANG, KUPAT, inggris tetap menyebutnya RICE. Dari 1 kosakata saja, penafsirannya bisa bermacam2, sedangkan bahasa inggris tidak demikian. Apa Bahasa Sunda ini tidak lebih tinggi dan lebih kompleks drpd Bhs Inggris yg sederhana itu?"

Bule: ''Yes. Yes.. Yes....

Kyai tersenyum sambil berkata: ''Basa Sunda Dilawan...!!''

Wilujeng !! Salam USA, ''Urang Sunda Asli''

TerPopuler

close