5 Tips Sukses, Karena Sukses Bukan Warisan. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI ALHAFIZ HUT RI 2023 VNNCOID

5 Tips Sukses, Karena Sukses Bukan Warisan.

, 5/20/2018 05:19:00 AM
Ilustrasi Kunci Sukses 
Sekarang tanggal 20 Mei 2018 hari ke-5 menjelang sahur Ramadhan 1439 H. Saat saya menulis artikel ini saya berfikir tentang bagaimana ingin menjadi pengusaha sukses dibidang perniagaan atau dagang.

Karena beberapa tahun terakhir saya dagang pulsa, service handphone dan komputer jadi saya kira cukup lama juga yah karena diatas 5 tahun.

Bukan maksud menggurui atau sok pintar tapi ini sebagai cerita pengalaman saja.

Waktu pertama kali mengenal dunia handphone itu pas zamanhp Siemens C35 atau Nokia 5110. Sekitar tahun 2004 itu kalau tidak salah.

Disela-sela ngojeg saya belajar Handphone ke Mas Toto yang sekarang tinggal di Purbalingga, pernah kerumah nya juga disana turun di Gang Jompo pas naik mobil bus dari Cileungsi Menuju Jawa Tengah itu. Sekitar jam 3 shubuh sampai di Jompo.

Balik lagi ke Mas Toto yang buka service handphone di Pangkalan 8 itu banyak mengajarkan saya dari segi elektronika dan cara melayani konsumen, maklum saya sekolah di Agama (Pondok Pesantren) dan Madrasah Tsanawiyah serta Madrasah Aliyah.

Lagi-lagi permasalahan ekonomi, karena Papah saya sudah meninggal sejak sekolah dasar kelas 4. Atau setahun setelah disunat.

Beberapa bulan ikut jaga konter mas Toto di Gang sempit depan pangkas rambut samping haji Intik, ngontrak ke Haji Basri waktu itu mas Toto untuk sewa lapak.

Akhirnya mas Toto memaksakan diri untuk buka cabang di Bantargebang - Bekasi. Pangkalan 1 A. Gang DWA atau satu gang sebelum masuk jalan Transit.

Dari mulai jual beli dan cara bongkar handphone perlahan saya pelajari sampai pada akhirnya saya buka sendiri dirumah dengan modal 200 ribu. Dan tanpa dukungan oleh keluarga. Karena keluarga ingin saya bekerja di pabrik yang menurut mereka lebih menjanjikan.

Tahun 2009 buka dengan modal minim dan hutang kanan-kiri saya mulai memberanikan diri mengoptimalkan pelajaran di segi software untuk service handphone sampai akhirnya saya membuat Blog ini untuk menulis beberapa pengalaman.

Metode dari maju atau berkembang nya usaha saya itu karena :

1. Sabar
Sudah pasti yah sob, sabar kunci utama seseorang untuk sukses. Seribu kali kita gagal dalam satu percobaan maka sepuluh ribu kali kita mencoba.
Tetap optimis bahwa akan ada keberhasilan diujung kegagalan.

2. Silaturahmi
Selain sabar, pengalaman saya yang walaupun belum sukses tapi alhamdulillah sudah tidak merepotkan orang tua ini.
Ialah silaturahmi, atau berkunjung kerumah sahabat dan teman yang sekiranya dapat informasi atau peluang dalam bisnis yang kita geluti.
Jangan main pas ada maunya saja, nanti teman malas silaturahmi juga. Sempatkan dan luangkan waktu.

3. Membaca dan menulis
Membaca dan menulis adalah hal yang paling membosankan bagi sebagian orang dan menyenangkan bagi sedikit kalangan, kenapa saya bilang sedikit karena dari semua teman saya sedikit sekali yang suka atau gemar membaca.
Cara untuk fokus atau semangat membaca dan menulis adalah berkumpul dengan komunitas yang senang membaca dan menulis.

Ingatlah bahwa jendela informasi dan pengetahuan dimulai dari membaca, walaupun memang kesuksesan bisa diperoleh dari mana saja.

4. Jangan malu soal kekurangan.
Setiap kita memiliki kelebihan dan kekurangan, terlepas itu fisik, Ekonomi dan tingkat kecerdasan. Dengan kita mengetahui apa kekurangan dalam diri kita dan faham bahwa yang terbaik untuk menutupi kekurangan itu apa tidak ada salahnya tetap percaya diri dan jangan pernah malu dengan segala kekurangan yang kita miliki.

Sebab, orang lain belum tentu merasakan apa yang kita rasakan dengan kekurangan tersebut.

5. Jadilah lilin.
Dalam kesuksesan pasti ada yang dikorbankan, maksud dari jadilah lilin adalah. Buang hal yang menurut kita senang namun tidak manfaat bagi kunci sukses kita.
Jangan pernah kedepankan hobby yang tidak bermanfaat atau hobby yang tidak membawa peluang pada bisnis kita.

Kalau hobby hanya sekedar membuang waktu, tenaga dan uang. Itu artinya kita sudah dalam keadaan mapan.
Jika kondisi ekonomi masih lemah dan kesempatan untuk sukses masih jauh, hindarilah hobby yang tidak menghasilkan secara ekonomi, hindari juga hobby yang menyita waktu. Sebab, waktu lebih manfaat jika kita gunakan untuk berdagang.

Sepertinya catatan ini belum selesai saya tulis karena masih numpuk didalam otak yang ingin saya keluarkan unek-unek ini.
Intinya dari artikel ini adalah, bahwa kesuksesan bisa kita buat dengan jalan kita sendiri dan kesuksesan bukanlah warisan, jangan karena orang tua kita sukses lantas kita juga sukses, belum tentu sob..
Kemudian ketika orang tua kita tidak sukses apakah kita juga akan demikian, tidak seperti itu rumus nya.

Tetap pada prinsipnya dan yang terakhir jangan lupa, perbanyak doa. Kepada Allah Swt agar malaikat-Nya memudahkan urusan kita.

Artikel selanjutnya tentang bagaimana caranya bisa kuliah Strata Satu (S1) Fakultas Hukum dengan modal dengkul nanti akan saya bahas..

TerPopuler

close