Minuman Tradisional Khas Sunda Bajigur. Ini Cara Membuatnya. -->

Minuman Tradisional Khas Sunda Bajigur. Ini Cara Membuatnya.

, 9/05/2020 03:41:00 AM

 

Bajigur Minuman Khas Sunda.
Vnn.co.id, Citizen Jurnalis - Masyarakat Sunda memiliki sejumlah minuman tradisional yang bisa menghangatkan tubuh sekaligus nikmat, salah satunya bajigur.

Saat menenggak minuman bajigur, biasanya ada sensasi rasa gurih santan yang berpadu dengan manis legitnya gula merah. Ada juga rasa pedasnya jahe dalam secangkir bajigur.

Rasa otentik Nusantara sangat pekat dalam minuman ini. Pertama terdapat gula aren yang manis legitnya berbeda dengan jenis gula lain.

Selain itu, ada sensasi pedas dari jahe, salah satu merupakan rempah yang sering ditemui di Indonesia.

Bajigur tambah nikmat jika diminum pada malam hari, dan menemanimu saat musim hujan tiba.

Bajigur biasanya dijual di beberapa kedai sederhana. Namun, jika ingin menikmatinya sebagai minuman pendamping bekerja di rumah, kamu juga bisa membuat sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuat bajigur?

Melansir Sajian Sedap, bahan yang diperlukan membuat bajigur sangat sederhana. Bahan ini bisa dikumpulkan dari bahan dapur yang masih ada di rumah.

Pertama yang perlu disiapkan ada 2.500 ml santan cair, 4 sendok teh kopi bubuk,  375 gram gula merah, yang sudah disisir halus, 75 gram jahe, 6 lembar daun pandan, lalu dibuat simpul, dan 4 cm kayu manis.

Takaran ini bisa untuk membuat 10 gelas bajigur.  Langkah selanjutnya bakar jahe, kupas dan geprek jahenya.

Lalu panaskan air hingga mendidih, setelah itu masukan santan, kopi bubuk, gula merah, jahe, daun pandan, dan kayumanis.

Sambil diaduk di atas api sedang sampai mendidih, kira-kira selama 45 menit. Setelah mendidih saring bajigur lalu sajikan selagi hangat.

Beberapa isian opsional juga bisa ditambahkan seperti kolang-kaling yang diiris tipis-tipis.

Makanan tradisional pendamping untuk menikmati bajigur ada nagasari, pisang rebus, kacang rebus, ubi kukus dan jagung rebus.

Red

TerPopuler

close